Gampang-gampang Susah Membangun Potensi Bisnis

Menemukan dan membangun potensi bisnis ternyata tak segampang yang saya kira. Perlu kekuatan ide dan pemikiran untuk menemukannya. Tentu saja itu butuh proses,dan kalau sudah bicara proses maka hal itu terkait erat dengan waktu. Berdiskusi, membaca, bertemu orang, melakukan pengamatan bisnis yang sudah ada adalah pilihan-pilihan aktivitas yang dapat dikerjakan dalam rangkaian proses menemukan dan membangun potensi bisnis tadi.

Selain itu proses merenung adalah proses yang tak kalah pentingnya untuk mendapatkan secuil ide tadi. Perenungan yang mendalam, dalam sebuah keheningan malam, terkadang sangat membantu. Tapi bahkan dalam tengah keramaian pun kita bisa menemukan ide tersebut. Semuanya tergantung individu yang menjalaninya. Yang pasti kata kuncinya adalah dimana ada kemauan disitu ada jalan.

Hari ini bisa saja, secara pribadi diri anda belum siap untuk berada di tempat yang relatif baru dan bertolak belakang dengan latar belakang anda pribadi. Tapi setidaknya itu tetap bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi anda untuk sementara waktu. Secara pribadi saya tidak menyarankan kepada anda untuk memaksa diri, jika memang anda secara pribadi tidak sanggup. Tapi paling tidak sekian waktu yang sudah anda lewati sebelumnya sudah menjadi pembelajaran baru bagi anda. Toh dalam hidup ini sebenarnya tak ada yang sia-sia untuk dilakukan.

Menulis mungkin akan menjadi salah satu solusi yang paling tepat untuk mengisi kejenuhan anda. Dalam situasi seperti ini mungkin sebaiknya anda memang mengalah saja, sambil mengasah kemapuan menulis anda. Bukankah dalam buku panduan menulis artikel esai serta karya ilmiah populer disebutkan bahwa banyak orang-orang besar yang berhasil menulis dan menelurkan karya besar justru pada saat-saat sulit dalam hidup mereka. Sembari anda menanti perubahan yang akan terjadi dalam hidup anda bukankah sebaiknya anda melakukan sebuah langkah yang akan mempercepat perubahan itu sendiri. Lagi pula dalam sebuah ayat alquran disebutkan bahwa Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum hingga kaum itu merubah sendiri nasibnya. Nah jelas disini bahwa untuk berubah anda harus berusaha sekuat tenaga. Apapun bisa anda lakukan untuk mewujudkan perubahan itu. Sedikit demi sedikit Allah pasti akan membukakan jalan, bisa jadi, saat ini kaki anda “terpasung” namun tangan anda bisa bergerak bebas mnekan tut keyboard laptop untuk menghasilkan suatu karya. Bisa juga ketika tubuh anda terbatas geraknya, namun fikiran/ otak anda dapat bergerak bebas mengitari samudera luas dunia.

Posted on March 19, 2009, in My Day Dreaming and tagged . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. tulisannya bagus mas,ditunggu kembali tulisan2 berikutnya. keep blogging.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: