Meraih Profit Dengan Adsense dan Afiliasi Marketing

Masih dari kutipan artikel di http://bloggerbingung.blogspot.com. Google Adsense dan Afiliasi Marketing sebenarnya dua hal yang berbeda. Keduanya memiliki beberapa ciri khas sendiri. Tapi di artikel ini ternyata ada kesamaan diantara keduanya yang tentu saja sama-sama memberi profit bagi kita para pemain di dunia internet marketing. Ayo kita simak bersama-sama.

Apakah anda seorang webmaster yang memerlukan dana agar situs nya tetap online? Atau anda seorang yang ingin mempunyai penghasilan dari internet? Siapapun anda, jika anda memang ingin menghasilkan uang, affiliate marketing mungkin pilihan yang cocok. Dan jika situs anda kaya akan konten yang bagus maka kenapa tidak ikut serta di program google adsense.

Mengapa affiliate marketing?

Yah, karena affiliate marketing adalah cara mudah dan mungkin cara yang terbaik dalam menghasilkan uang secara online, kecuali jika anda adalah seorang pebisnis yang lebih menyukai menjual produk anda sendiri daripada menjual produk orang lain di situs anda.

Affiliate marketing sederhananya adalah hubungan atau perjanjian yang terjadi antara dua situs, dimana salah satu situs adalah sebagai pedagang dan yang lainnya sebagai affiliasinya. Dalam hubungan ini, si affiliasi setuju untuk menampilkan iklan si pedagang di situsnya. Sementara si pedagang bersedia membayar affiliasinya dengan syarat dan metode yang sudah disepakati. Hal ini bisa menciptakan penghasilan bagi si affiliasi, cukup dengan menampilkan iklan di pedagang. Bagi si pedagang tentu saja mempunyai keuntungan, karena mempunyai affiliasi akan mengurangi biaya dalam hal mengiklankan produk mereka, jika dibandingkan dengan membayar perusahaan advertising.

Ada beberapa variasi metode tentang bagaimana para pedagang membayar affiliasi mereka seperti pay per click, pay per lead dan pay per sale. Metode pay per click sangat disukai para affiliasi, karena cukup dengan “menggiring” pengunjung situs ke situs pedagang maka komisi sdh didapatkan. Untuk 2 metode yang lain lebih banyak disukai oleh para pedagang, karena komisi baru diberikan jika para pengunjung situs si-affiliasi, melakukan registrasi atau melakukan pembelian produk di situs pedagang.

Mendapatkan keuntungan pada program marketing affiliasi sangat tergantung dari banyaknya pengunjung suatu situs. Situs yang mampu menarik banyak pengunjung mempunyai kesempatan untuk menghasilkan uang lebih banyak dari program marketing affiliasi.

Lalu bagaimana dengan adsense?

Google adsense sebenarnya sama seperti program affiliasi marketing, karena google berlaku sebagai perantara si-affiliasi dan si-pedagang. Para pedagang maupun para pemasang iklan cukup mendaftar ke google dan membuat teks iklan yang menggambarkan produk mereka. Nah, iklan ini akan diberi link ke situs para pedagang atau pemasang iklan, dan iklan-iklan ini akan ditampilkan pada mesin pencari google, situs2 yang dimiliki oleh para affiliasi atau web master yang telah mendaftarkan diri pada google adsense program.

Walaupun ada banyak kesamaan antara adsense dengan program marketing affiliasi, tapi dapat juga ditemukan perbedaannya. Pada google adsense, sang pemilik web/web master cukup meletakkan kode di situsnya dan google akan mengurus langkah berikutnya. Iklan yang akan ditampilkan oleh google adalah iklan yang benar-benar relevan dengan konten dari situs kita. Sehingga hal ini akan menguntungkan si affiliasi dan si pedagang, karena pengunjung dari situs kita akan lebih tertarik pada iklan yang relevan dengan isi situs.

Kompensasi program google adsense berbasis pay-per-click. Para pemasang iklan akan membayar google dengan besaran tertentu setiap saat iklan mereka di klik di situs kita. Dan google akan memberikan komisi kepada kita dengan jumlah tertentu melalui cek. Biasanya cek ini akan dikirimkan perbulan. Selain itu google adsense juga menyediakan alat untuk memantau (tracking tool) hasil yang yang terjadi pada iklan yang ditampilkan.

Lalu kemana semua ini bermuara?

Apalagi kalau bukan uang,uang dan uang! Program affiliasi marketing dan Google adsense, bisa bekerja pada siapa saja, baik itu pedagang maupun affiliasi. Di sisi pedagang, penghematan pengeluaran biaya periklanan bisa dilakukan jika dibandingkan harus beriklan diperusahaan advertising. Untuk pemilik situs/webmaster, mereka bisa dengan mudah meraih untung hanya dengan menjaga kualitas situs mereka. Dan jika kita bisa menggabungkan program marketing affiliasi dengan google adsense maka uang yang didapatpun bisa lebih besar.

Semoga bermanfaat…
(Terjemahan bebas dari:Google Adsense Profits Mixed In With Affiliate Marketing By Emmanuel Aubrey)

Posted on March 19, 2009, in Google Adsense and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: