Panduan Memilih Domain dan Hosting

Beberapa hari terakhir saya mulai berfikir untuk membeli domain dan hosting sendiri. Yah biar lebih profesional aja sih blog milikku ini. Akhirnya riset pun dimulai dengan melakukan googling,agar pemilihan domain dan hosting benar dan tepat. Mungkin gak semua orang tau istilah domain dan hosting ini. Saya akan coba uraikan sedikit pada postingan kali ini. Domain adalah nama atau alamat website. Di Internet, setiap orang harus mengetikkan nama domain agar bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Oleh karena itu, peranan pemilihan nama domain cukup penting, karena ibarat alamat rumah kita sendiri. Jadi harus berbeda dengan orang lain.

Domain terdiri dari nama domain dan extension. Contoh blogbisnisinternet.com, blogbisnisinternet adalah nama domain dan .com adalah extensionnya. Extension biasanya mewakili untuk kategori tertentu seperti .com untuk keperlukan komersial, .net untuk keperluan jaringan, .org untuk keperluan website nonkomersial, dan lain-lainnya.

Untuk memilih nama domain bisa digunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain atau dengan menggunakan software domain tools untuk membantu memilih nama domain untuk website. Contoh website yang menyediakan jasa registrasi nama domain adalah domainhostingmurah.net. Tinggal masukkan saja nama domain yang disukai untuk mengecek apakah masih tersedia atau tidak.

Domain tanpa hosting tidak akan berarti. Sebab hosting adalah tempat untuk meletakkan file-file website di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar website bisa ditampilkan, maka file-file website perlu disimpan dalam sebuah server hosting. Untuk itu kita perlu membeli paket hosting. Harga dari sebuah paket hosting bermacam-macam, tergantung fasilitas yang diberikan. Paket hosting tersedia di luar negeri maupun di Indonesia, seilahkan pilih sesuai dengan kebutuhan.
Ada beberapa tips untuk memilih nama domain :
1. Usahakan menggunakan extension dot com karena lebih umum dan
lebih banyak dikenal orang.
2. Pilih nama domain yang simpel dan mudah diingat
3. Pilih nama domain yang sesuai dengan mewakili isi dan tujuan dari
website yang telah dibuat
4. Ikut sertakan keyword dalam nama domain, ini akan membantu
proses SEO (search engine optimization), sehingga website
nantinya akan tampil di search engine dengan posisi lebih atas.

Sedangkan tips untuk memilih Hosting sebagai berikut :
1. Sistem Server yang digunakan apakah Linux atau Windows. Hal ini akan menentukan software dan bahasa pemograman website yang bisa digunakan. Kebanyakan orang menggunakan Linux. Anda pilih Linux saja.

2. Besaran Disk Space yang diberikan. Disk Space adalah kapasitas pada server hosting yang diberikan untuk Anda, untuk menyimpan file-file website Anda. Seperti besaran space untuk menyimpan file Anda di komputer Anda. Tentunya pilihan terbaik adalah paket hosting yang memberikan Disk Space yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Besaran Bandwidth yang diberikan. Bandwidth adalah kapasitas akses perbulan yang diberikan untuk mengakses website Anda. Setiap orang yang membuka website atau mendownload file dari website Anda agar bisa ditampilkan pada browser firefox atau internet explorer-nya akan mendownload file Anda, hal tersebut akan memakan bandwidth. Dan kapasitas pemakaian bandwidth ini akan direset setiap awal bulan.

4. Domains Allowed. Jumlah domain yang bisa digunakan dalam sebuah paket hosting. Anda bisa menggunakan 1 buah paket hosting untuk semua domain Anda bila paket hosting tersebut memberikan akses untuk itu, dan Anda juga perlu mempertimbangkan besarnya disk space maupun bandwiidth yang diberikan, apakah cukup untuk menjalankan domain-domain Anda.

5. Jumlah Database yang diijinkan. Contoh untuk Linux, berapa banyak jumlah database MySQL yang diijinkan.

Untuk pembelian domain dan hosting ini tidak perlu dilakukan pada satu buah perusahaan. Jadi bisa dibeli dari tempat yang berbeda. Yang perlu dilakukan hanyalah menghubungkan antara domain dan hosting ini dengan melakukan setting DNS (Domain Name Server) pada account domain. Hal ini dilakukan untuk mengkoneksi domain dengan hosting.

oke semoga bermanfaat. Tunggu aja yah blog ini akan punya domain and hosting sendiri.

Posted on April 6, 2009, in Blogging guide, Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: