Siapa Bilang Ngeblog Untuk Bisnis Online Itu Mudah?

Hari ini saya ingin share, sekaligus berbagi pengalaman di masa awal saya ngeblog. Tulisan ini tidak bermaksud untuk membuat anda semakin takut untuk mulai ngeblog dan berbisnis online. Tapi setidaknya ini harus menjadi cerminan agar menemukan solusi untuk sebuah keberhasilan tujuan. Sebab bisnis online benar-benar butuh ketekunan dan konsistensi yang tinggi. Setidaknya itulah yang sedang saya perjuangkan dan usahakan saat ini.

Memulai Ngeblog dan berbisnis online bagi saya pribadi adalah sebuah pilihan. Ini semua saya lakukan karena saya ingin produktif, meskipun saya harus stay at home. Awalnya memang sulit, karena saya tak punya panduan pasti harus darimana memulainya. Banyak uji coba, surfing sana sini, dapet ide, eh gak cocok ganti lagi, begitulah seterusnya. Ada banyak teori dan panduan yang diberikan oleh para pakar internet marketing yang sudah duluan sukses. Tapi terkadang itu malah membuat saya kebingungan. Mungkin karena saya pengen ngikutin semuanya ya, makanya jadi bingung.

Kata orang, kesuksesan itu bisa diperoleh dengan banyak cara. Sebab setiap orang memiliki cara berbeda untuk menemukan kesuksesan dalam hidupnya. Seperti itu jugalah bisnis online. Dari sekian banyak cara dan panduan yang diajarkan, kita hanya butuh keyakinan untuk memilih darimana titik mulanya. Untuk selanjutnya, kitalah yang akan meneruskan sendiri perjalanan sukses kita. Awalnya sih saya menganggap terjun ke dunia bisnis online gampang, sama gampangnya seperti kalau kita ingin pipis tinggal masuk ke kamar mandi aja, selesai…..Artinya kita tau, kalau ingin pipis otak bawah sadar kita langsung mengarahkan untuk segera ke kamar mandi.

Seperti itulah bisnis online marketing. Dari awal kita harus tau titik awal memulainya. Rumusan awal inilah yang saya sebut proses MENEMUKAN IDE. Yah, menemukan ide untuk memulai bisnis online marketing memang tidak gampang. Tapi juga tidak sesulit yang kita bayangkan. Asal kita fokus dan konsisten dengan pilihan awal. Kalau keyakinan pada pilihan ide kita sudah tepat, maka otak bawah sadar kita akan terus membimbing sesuai arah awal yang kita inginkan.

Setidaknya inilah secuil pedoman yang saya dapatkan dari 7 modul lengkap untuk memulai blog yang benar. Sehingaa bisa benar-benar berguna bagi orang banyak, dan pada akhirnya menghasilkan rupiah demi rupiah.

Saya akui untuk konsisten pada ide awal memang sulit. Terlebih lagi kalo sudah urusan konten (isi blog). Seringkali kita terbentur dengan tema apa yang menarik dan berguna. Menarik dan berguna sepertinya menjadi kata kunci yang tepat agar blog kita dikunjungi lagi dan lagi.

Apalagi kalau sudah urusan kedisiplinan. Kayaknya ini juga gak kalah sulit. Belakangan saya malah merasa aturan kedisiplinan yang diterapkan orang lain untuk kita kok malah lebih mudah dijalankan, ketimbang aturan kedisiplinan yang kita buat sendiri. Ini terasa aneh, sebab seharusnya nilai lebih entrepreneur adalah terletak pada kebebasan kita menentukan sendiri kesuksesan kita. Maka lagi-lagi ini adalah tantangan berat yang harus dilewati. Lagi lagi dengan membaca 7 modul lengkap memulai blog yang benar, saya benar-benar merasa terbantu untuk menuntaskan semua hambatan dan kesulitan yang saya alami di masa-masa awal ngeblog. So keep Blogging ya fren, jangan takut memulai bisnis online………………online…….online….

Posted on August 1, 2009, in Blogging guide. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. kalau saya masih pemula banget bunda, sekarang pekerjaan utama ngajar n nulis, tp bisnis on line jg pengen, tp masih belum serius, yah satu satu dulu lah🙂

  2. Setuju Boss aku masih pemula dan lagi belajar

Leave a Reply

