Kredibilitas Joko Susilo Dan Objektivitas Seorang Cosa Aranda

Saya tidak kenal Joko Susilo maupun Cosa Aranda secara objektif. Seperti juga anda, sebagai netter/ blogger saya hanya bisa “meraba” dan menganalisa melalui produk ebook mereka yang beredar di internet maupun tulisan lepas di blog mereka. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman blogwalking. Beberapa waktu yang lalu saya blogwalking, dan menemukan ada banyak tulisan-tulisan negatif tentang produk-produknya Joko Susilo. Selain itu saya juga cukup sering menjumpai iklan produk ebook Joko Susilo di berbagai situs. Tapi lagi-lagi saya tidak begitu mengenalnya, hingga akhirnya saya mulai menemukan blog Joko Susilo. Kemudian ikut dalam berkomentar di “komunitas”blog pribadinya. Sampai akhirnya ketika saya mulai serius ingin terjun ke dunia blogging untuk menghasilkan uang, saya membeli produk rumusanblogging joko susilo.

Pembelajaran blogging pun saya mulai, tapi lagi-lagi saya menemukan tulisan tulisan negatif tentang joko susilo. Jujur saya sempat terpengaruh dan mulai meragukan kredibilitas beliau. Membeli produknya pun rasanya sedikit menyesal mengingat banyak yang mengatakan apa yang ditulisnya bisa diperoleh secara gratis di internet, dan terlalu mahal. Wah…wah..baru belajar internet marketing, berguru sama joko susilo kok udah dapet suara macem-macem. Rasanya gimanaaaa gitu. Apalagi saat kontes SEO Joko Susilo dibuka. Komentar dan suara-suara negatif pun semakin nyaring. Saat itu saya tetap ingin berfikir positif, tapi tetap penasarn. Mencoba untuk tetap positif, saya juga menuliskan berita kontes joko susilo di blog ini, kemudian mempersiapkan artikel untuk ikutan kontes. Namun karena beberapa waktu lalu blog ini kena suspend, akhirnya 2 posting tersebut saya hapus.

Sampai akhirnya saya menemukan nama lain, seorang pakar juga katanya. Yah, dia adalah cosa aranda. Salah seorang pakar SEO Indonesia. Setidaknya begitulah kabarnya. Ternyata dia ikut juga kontes SEO Joko. Ini saya ketahui dari blog mashengky, beliau menulis tentang dukungannya terhadap tulisan cosa aranda di notes facebooknya. Belakangan saya juga sepakat dengan apa yang dituliskan mas cosa. Singkat cerita saya bergabung di facebooknya mas cosa, dan sayapun mulai mengikuti tulisan-tulisannya. Salah satunya momen 15 juli 2009, beliau secara riil datang ke kota semarang untuk menjumpai joko susilo. Dalam tulisannya cosa bercerita, motivasinya datang menjumpai joko susilo adalah untuk klarifikasi atas berita-berita miring yang beredar perihal joko susilo. Di awal pencarian rumah joko susilo, beliau langsung menemukan fakta bahwa ternyata alamat rumah joko susilo yang tertera di webnya bukanlah fiktif. Sebab selama ini salah satu berita miring yang beredar adalah “alamat rumah joko susilo adalah fiktif”. itu ternyata tidak benar.

Nah, mungkin anda punya penilain masing-masing tentang kedua tokoh internet marketer ini. Yang jelas saat ini saya pribadi memiliki penilaian bahwa seorang master SEO seperti cosa aranda ternyata cukup objektif (setidaknya berusaha untuk membuktikan sendiri) dalam menilai sesuatu. Kita tidak tahu pasti apa missi kedatangan cosa ke Semarang khusus menjumpai joko susilo. Tapi setidaknya ini memberi pembelajaran bagi kita untuk tidak asal memberi penilaian dan opini negatif tentang produk orang lain. Kalo tidak tahu mending netral aja dan kalo ingin lebih tahu yah jumpai langsung orangnya…kayak mas cosa aranda itu.

Akhirnya dengan lega sekarang saya tidak meragukan lagi produk joko susilo. Yah setidaknya saya percaya beliau orang yang jujur. Sedikit banyak saya juga belajar darinya…Kurang dan lebih itu sudah biasa, karena memang tak ada yang maha di dunia ini. Saling melengkapi, terus belajar dan berbagi itu yang terpenting menurut saya. Mas cosa sendiri, menurut saya orang yang punya kredibilitas. Meskipun master SEO, tapi tetap low profile dan mau belajar dari siapa saja. Keduanya udah saya daulat jadi guru untuk mendapatkan sedikit recehan dari dunia blog ngeblog ini. Silahkan apa komentar anda tentang dua pebisnis online ini…

Posted on August 10, 2009, in My Day Dreaming and tagged , . Bookmark the permalink. 17 Comments.

  1. mioariefiansyah

    wah kok bisa gitu ya Bunda…apa mungkin orang yg sirik ya?? ya yg jelas makasih bayak Bunda Informasinya

  2. wah…
    jadi agak lega…
    thx bt infonya ya…

  3. click username saya untuk baca informasi penting …

  4. wah masa sih, wong joko susilo aja belum tentu itu nama aslinya

    jangan2 yg bikin blog ini juga crewnya si joko hihihi..

  5. jangan buruk sangka dulu ah, menurut saya penulis bukan resellernya coba aja lihat, ga ada kan link referral nya?😀

  6. thanks ya informasinya…

  7. Aq dpt ebook grtisx JS.
    Ya lumayan msk akal, tp ttp namax bsnis pke modal.
    Klo aq sih nyarix grtisan truz, jdi g ngkutin saranx JS

  8. Tipulah orang lain seperti saya menipu anda

    • kita harus tetap bersikap bijak dan objektif. Itu inti tulisan di postingan blog saya. terima kasih atas komentar anda, saya sangat menghargainya. walau bagaimanapun, saya merasa produk mereka cukup membantu, dan itu semua tergantung kita. Apakah akan menjadi resellernya terus menerus atau mulai membangun dan mencoba menjual produk kreasi kita sendiri. Joko Susilo, Cosa Aranda, bahkan Anne ahira pernah melewati masa panjang dan dituding berbagai macam di masa perjuangan mereka. sekali lagi, berhati-hatilah dan tetap objektif dalam memandang persoalan.

  9. tulisan yang ojektif…saluut..

  10. namanya juga hidup ini selalu berpasangan…ADA SETAN DAN MALAIKAT…yang suka silahkan dan yang tidak juga silahkan…..yang pasti ebook pak joko bagus kok…

Leave a Reply

