UNESCO Tetapkan Batik Sebagai Warisan Budaya Indonesia

Batik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “nitik”. Kain lebar yg di titik maksudnya di lukis itu maksudnya dicecek. Hampir semua batik dicecek. Melihat harga kain batik tulis dr ceceknya kasar apa halus. Makin halus makin muaahaal harganya. Kini Batik telah disetujui untuk menjadi satu warisan budaya tak benda warisan manusia dari UNESCO.

UNESCO pada Jumat, 2 Oktober 2009 akan menetapkan batik sebagai warisan budaya dari Indonesia (the world cultural heritage of humanity from Indonesia). Untuk itu Presiden SBY meminta kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009 nanti untuk menggunakan batik sebagai penghargaan terhadap batik itu sendiri.

Mari kital berbaju batik pada pada hari itu untuk menumbuhkan rasa nasionalisme. Ketika batik diklaim Malaysia, begitu marahnya kita. Sekarang badan dunia UNESCO mengakui batik sebagai milik kita. Masak kita adem ayem saja?

Batik dianggap sebagai icon budaya bangsa yang memiliki keunikan, yang memiliki simbol, memiliki filosofi yang mendalam, yang mencakup siklus kehidupan manusia yang diajukan oleh Indonesia sebagai warisan budaya tak benda dari kemanusiaan.

batik is my life… batik adalah jiwaku… karena lahir keduniapun aku dibungkus, dibalut dengan kain batik / jarik batik… sungguh membanggakan & menakjubkan…Ayo, bersama-sama kita berbaju batik…

Posted on October 2, 2009, in Info and tagged . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Ya… ayo pakai batik… teristimewa kalo batik tulis… biar terasa artistik dan estetiknya…. khususnya BATIK TULIS LASEM. Tengok koleksi saya ya… thanks a lot.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: